BERITA ACARA HASIL PEMANTAUAN DAN EVALUASI PENYELANGGARAAN PELAYANAN PUBLIK
PADA DINAS SOSIAL KOTA BIMA
TAHUN 2024
Pada tanggal 19/07/2024, kami evaluator kegiatan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan menyatakan sebagai berikut :
Nomor Kondisi Rekomendasi
1 Kebijakan Pelayanan
5. Tersedia SP yang memenuhi 14 komponen, melibatkan masyarakat dalam penyusunan SP, dilakukan penetapan, dan dilakukan monev., 5. Penyusunan SP telah melibatkan lebih dari 4 unsur masyarakat., 5. Tersedia publikasi SP seluruh komponen service delivery pada 4 atau lebih media publikasi dan pada SIPP Nasional., 4. Dilakukan peninjauan ulang 1 tahun sekali atau lebih cepat terhadap sebagian jenis layanan., 5. Tersedia Maklumat Pelayanan yang sudah ditetapkan, isinya telah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, dan dipublikasikan pada media non elektronik dan elektronik., 5. Sudah melaksanakan SKM sesuai dengan PermenPANRB yang berlaku dan dipublikasikan pada media non-elektronik dan elektronik serta dilakukan tindak lanjut hasil SKM., 3. SKM dipublikasikan pada 3 (tiga) media publikasi., 5. Tindak lanjut hasil SKM dilaksanakan 100%, dibuktikan dengan laporan pelaksanaannya., 5. Rekomendasi hasil SKM ditindaklanjuti seluruhnya 1 bulan setelah laporan SKM diterbitkan.

(1).Dinas sosial Kota Bima perlu melaksanakan peninjauan ulang standar pelayanan 1 tahun atau lebih cepat terhadap seluruh jenis layanan; (2).Dinas Sosial Kota Bima perlu melaksanakan SKM setiap 3 Bulan sesuai ketentuan minimal dalam Peraturan Menteri.

2 Profesionalisme SDM
5. Memiliki kebijakan jam pelayanan/kerja dan 4 atau lebih unsur lainnya., 5. Aturan kode etik dan kode perilaku Pelaksana Pelayanan meliputi nilai dasar hak dan kewajiban dan 4 (empat) unsur lainnya., 5. Tersedia lebih dari 4 jenis mekanisme peningkatan motivasi kerja, 5. Ada pemberian penghargaan berdasarkan 5-6 unsur termasuk kinerja., 5. Pelaksana pelayanan menerapkan 5 (lima) unsur budaya pelayanan.

Dinas Sosial Kota Bima perlu meningkatkan motivasi kerja melalui pemberian penghargaan bagi yang berprestasi dan melaksanakan kegiatan peningkatan capacity building bagi ASN. 

3 Sarana dan Prasarana
2. Tersedia tempat parkir dan memiliki 2 fasilitas parkir., 4. Tersedia fasilitas wajib dan 3 fasilitas pelengkap., 2. Toilet pengguna layanan dengan 2 kondisi., 2. Tersedia 4-6 sarana prasarana bagi pengguna layanan kelompok rentan., 3. Tersedia 3 fasilitas penunjang., 3. Tersedia sarana FO informasi layanan dengan 3 fasilitas.

(1).Dinas Sosial Kota Bima perlu meningkatkan jumlah dan kualitas sarana prasarana Front Office dan ruang tunggu; (2).Dinas Sosial Kota Bima perlu menyediakan jalur pelayanan yang lebih mudah dan aman bagi kelompok rentan, seperti Penyandang Cacat dan Lanjut Usia.

4 Sistem Informasi Pelayanan Publik
5. Sistem informasi pelayanan publik telah online/website dan terhubung dengan sistem informasi pelayanan publik nasional serta telah menginput layanan yang ditetapkan ke dalam sistem informasi pelayanan publik nasional., 4. Tersedia sistem informasi pendukung operasional pelayanan dengan 4 kondisi., 5. SIPP Elektronik berbasis website/aplikasi yang dioperasikan, diakses, merupakan mudah dioperasikan, mudah diakses, kompatibel, merupakan kanal digital resmi pemerintah (domain.go.id) dan navigasi yang mudah dipahami., 5. Pemutakhiran data dan informasi pelayanan publik dilakukan secara harian dan detail/sangat lengkap.

Dinas Sosial Kota Bima perlu meningkatkan penginputan data Standar Pelayanan yang ditetapkan ke dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN).

5 Konsultasi dan Pengaduan
5. Sarana konsultasi pengaduan pengguna layanan dengan 5 atau lebih fasilitas., 2. Hanya terdapat media konsultasi dan pengaduan secara offline namun terpisah dengan front office., 3. Terdapat dokumentasi diarsipkan dituangkan dalam laporan, dan,dilakukan monev., 2. ≥ 50% konsultasi atau pengaduan ditindaklanjuti hingga selesai yang tidak menggunakan SP4N- LAPOR!.

(1).Dinas Sosial Kota Bima perlu melaksanakan pengelolaan media konsultasi dan pengaduan yang terhubung dengan SP4N-LAPOR!;(2).Dinas Sosial Kota Bima perlu menyusun laporan tindak lanjut atas konsultasi dan pengaduan yang ada.

6 Inovasi
3. Sudah ada inovasi lebih dari 1 tahun namun belum diikutsertakan dalam kompetisi (level apapun). , 3. Sumber daya yang mendukung keberlanjutan inovasi dalam bentuk payung hukum dan 1 kondisi lainnya.

Dinas sosial Kota Bima perlu mendorong peningkatan jumlah dan kualitas inovasi yang ada untuk berkompetisi meraih prestasi pada level (apapun).

7 Pertanyaan Tambahan
2. Tersedia sistem antrian dengan 2 fasilitas.

Dinas Sosial Kota Bima perlu menyiapkan sistem antrian berbasis online untuk kemudahan pelayanan publik.


Demikian berita acara ini dibuat sebagaimana mestinya.
Tim Evaluator
Analis Kebijakan Ahli Muda Analis Kebijakan Ahli Pertama
Centered Image Centered Image
Abd.Karim, M.Si Fitrah Insaniyah, SE
198110022006041008 198704132015032002

Mengetahui
Kepala Bagian Organisasi SETDA Kota Bima Kepala Dinas Sosial Kota Bima
Centered Image Centered Image
Ihya Ghazali, S.Sos, MM Yuliana, S.Sos
197209022006041017 197202131994022001